Saya mulai mengenal Ubuntu sejak 6.06-LTS Drapper Drake, 6.10 Edgy Eft, mulai menggunakan (dualboot) sejak 7.04 Feisty Fawn dan 7.10 Gutsy Gibbon, namun baru benar-benar menggunakan untuk bekerja sejak 8.04-LTS Hardy Heron, 8.10 Intrepid Ibex, dan 9.04 Jaunty Jackalope (walaupun saya masih tetap suka Mandriva). Hanya di rilis-rilis akhir saja saya tidak ketinggalan upgrade (ini berkat motivasi tak sengaja dan bantuan nyata mas Riyogarta). Begitupun, banyak sekali yang saya sama sekali belum tahu. Bukan karena apa-apa, mungkin saja karena otak saya yang terlalu lamban untuk berfikir mengikuti kemajuan yang terlalu cepat. Ditambah lagi, sudah terlalu lama keracunan Jendela.

Saat saya menggunakan Hardy Heron, saya mulai menggunakan modem bluetooth hape andalan untuk koneksi internet (dialup). Bermain KPPP, Gnome PPP, dan wvdial mulai terbiasa. Ketika berganti Intrepid Ibex, awalnya saya kesulitan mengkoneksikan modem bluetooth melalui dialup, walaupun tak lama kemudian dapat teratasi berkat bantuan Kurnia, blogger Bengawan yang juga anggota KPLI Solo. Belum lama merasakan kenyamanan, datang lagi Jaunty Jackalope. Pertama saya bingung, kok tidak ada wvdialnya, tapi tinggal cari koneksi internet lain, masuk terminal, ketik sudo apt-get install wvdial, beres deh!…

(dance) (banana_cool) (banana_rock)

Nah… Baru-baru ini saya mendapat pinjaman hape Sony Ericsson K510i. Agak lawas sih! cuma bisa gprs, belum triji. Namun bisa digunakan sebagai modem baik lewat blututnya ataupun lewat kabel USB bawaannya. Di Windows, koneksi via kabel itu berfungsi setelah diinstall drivernya yang ada dalam CD bawaannya juga.

Iseng-iseng, saya isi dengan kartu Flash, selanjutnya on lagi dan kabel data dari SE K510i itu saya coba colokin di port USB di laptop seleyon saya yang sudah ber-jaunty jackalope. Tuiiiinggggg…

1-sonerk510i

Lho… kok ter-deteksi??? Ada dua pilihan yang muncul di layar SE K510i, yang pertama untuk transfer file, dan yang kedua modus telepon. Saya pilih yang modus telepon. Segera di layar laptop muncul Ucapan Selamat Datang…

:-D LANJUTKAN!!!

2-new_mobile_broadband

Saya coba klik ikon network connection di panel atas, ternyata benar-benar terdeteksi dan membutuhkan konfigurasi.

3-notifikasi

Ketika saya klik “configure” muncul pilihan negara dan provider yang digunakan. Tentu saja saya pilih Indonesia, dan karena kartu yang digunakan di SE K510i itu adalah Kartu Halo berlangganan Flash, saya pilih Telkomsel sebagai providernya.

4-new_mobile_broadband.png

5-new_mobile_broadband.png

Sampai di sini sebetulnya sudah bisa langsung konak konek, tapi saya coba intip setingannya dengan nge-klik kanan ikon network connection di panel atas, klik lagi edit connection.

6-Editing_Telkomsel.png

Ada beberapa pilihan di situ, Wired, Wireless, Mobile Broadband, VPN, dan DSL. Settingan Telkomsel ada di Mobile Broadband. Saya hanya menyesuaikan username dan password, semua saya kosongi sesuai petunjuk yang saya dapatkan pada waktu pertama kali langganan Flash. Dialing numbernya bisa *99#, bisa juga *99***1#, APN-nya bisa internet, bisa juga telkomsel.

7-notifikasi.png

Dan, saya coba menghubungkan dengan internet dengan klik ikon network connection – saya klik Telkomsel yang atas. Saya tidak tahu kenapa ada dua macam modem di SE K510i. Belakangan, ketika saya cek di Windows, ternyata juga ada dua. Saya gunakan salah satunya yang pokoknya bisa… :-D

8-allow_access

Ops… habis di-klik ternyata ada warning lagi, ya tentu saja saya persilahkan saja (yahoo)

9-konak_dah

Sudah konak konek! Ikon network connection sekarang berubah menjadi gambar tower antena. Telkomsel Connection Established

Yeach… Saya mohon maaf bila yang saya sampaikan terlalu rinci. Saya yakin, banyak di antara sedulur sekaliyan yang jauh lebih paham. Namun, inilah yang saya alami. Ternyata banyak hal sebegitu gampang di Linux.

Karena sebegitu gampang dan saya tidak menyadarinya (saya biasanya mengambil jalan yang lebih sulit, dengan ber-wvdial di terminal), saya merunut balik cara koneksi internet (dialup) pada rilis Ubuntu sebelumnya. Saya mengunakan Live CD/Installer Ubuntu untuk 8.04, 8.10, dan 9.04.

Ini hasil pengamatan saya: (funkydance)

Ubuntu Linux 8.04-LTS Hardy Heron: wvdial tersedia, mobile broadband connection tidak tersedia.

Ubuntu Linux 8.10 Intrepid Ibex: wvdial dan mobile broadband connection tersedia.

Ubuntu Linux 9.04 Jaunty Jackalope: wvdial tidak tersedia, mobile broadband connection tersedia